Dorong Kompetensi SDM Penyelenggara Pelayanan Publik, DPMPTSP Sulbar Gelar Bimtek Service Excellent

oleh
Bagikan artikel ini

 

 

Mamuju.kompas86.id – Perubahan paradigma pelayanan dimana penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dengan memberikan pelayanan yang prima (Service Excellent) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan merupakan salah satu wujud tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

 

 

 

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellent di Hotel Yaki Mamuju, Jumat 8 Desember 2023.

 

 

 

Bimtek Service Excellent akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai hari ini sampai 10 Desember 2023 bekerjasama dengan Lembaga Al-Kahfi.

 

 

 

DPMPTSP selaku salah satu perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik terus berbenah dalam segala aspek. SDM mempunyai peranan yang penting dalam mensukseskan tugas dan fungsi serta tujuan organisasi. Tentu saja hal ini juga merupakan amanat dari kententuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 ayat (1) diamanatkan bahwa Sumber Daya Manusia yang ditugaskan pada PTSP harus memiliki keahlian dan kompetensi di bidangnya.

 

 

 

Kepala DPMPTSP Sulbar Habibi Azis menyampaikan, DPMPTSP sebagai pintu investasi yang berimplikasi terhadap geliat ekonomi, dimana penanaman modal dan PTSP menjadi salah satu isu strategis yang menjadi perhatian pemerintah.

 

 

 

”Maka sumber daya manusia adalah salah satu aspek yang sangat penting penunjang pelayanan kepada masyarakat dunia usaha ataupun calon investor,” ucap Habibi.

 

 

 

Mantan Kabid Akuntansi BPKPD itu menegaskan, selaku institusi penyelenggara pelayanan publik yang telah berjalan dengan baik, namun masih perlu peningkatan kompetensi SDM melaui pelatihan/traning service excellent untuk memotivasi kembali pegawai khususnya yang ada di garis depan pelayanan yaitu Front Office agar selalu siap dalam melayani sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku.

 

 

 

“Saya mengharapkan pada kesempatan ini agar seluruh peserta dapat berperan aktif untuk mengikuti acara ini secara seksama dan selanjutnya dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan nanti bisa menjadi budaya positif yang membangun, sehingga tercapai apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan Bimtek Service Excellent yaitu kualitas SDM pada penyelenggaraan pelayanan publik yang handal dan profesional,” tutup Habibi.

 

 

(Wahid/Hms)